........Selamat Hari Jadi Kab. Nunukan ke 13 tgl 12 Oktober 2012.......

Rabu, 13 November 2013

DAHLAN ISKAN: “Mensejahterakan Petani, Beli Beras dengan Harga Tinggi”


 

 

 

 

 

 

 

 

DAHLAN ISKAN: “Mensejahterakan Petani, Beli Beras dengan Harga Tinggi”

Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengatakan salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan petani adalah membeli produk pertanian seperti padi dengan harga tinggi.

“Jadi, bukan dengan memberikan subsidi kepada mereka. Beli padi petani dengan harga tinggi, jangan hanya memberi subsidi,” katanya pada “Farmers Go to Campus” bertema “Menggagas Strategi Kebijakan Pangan Menuju Kesejahteraan Petani”, di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia gagasan yang dilontarkannya itu belum sepenuhnya diterima banyak pihak. Saat ini masih ada pro dan kontra sehingga dirinya akan terus berusaha untuk meyakinkan pihak-pihak yang belum mau menerima gagasan tersebut.

“Jika gagasan itu diterima dan menjadi kebijakan pemerintah maka tidak akan ada demonstrasi menolaknya. Saya berharap gagasan itu didukung oleh petani, bukan elit-elit petani atau elit akademisi,” katanya.

Ia mengatakan Kementerian BUMN yang dipimpinnya akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian agar pertanian dan pangan di Indonesia menjadi lebih kuat.

“Salah satu contoh adalah produksi pupuk organik. Ke depan pabrik milik BUMN tidak perlu lagi memproduksi pupuk organik, karena akan diproduksi petani dan kelompoknya kemudian baru disalurkan melalui BUMN,” katanya.

Jadi, menurut dia, BUMN hanya pengepul dari petani tanpa mengambil keuntungan sebelum akhirnya pupuk disalurkan ke masyarakat. Dalam hal ini yang penting adalah standarisasi jenis pupuk maupun kualitasnya.

Kepala Bulog Divre DIY Darsono Imam Yuwono mengatakan siap bekerja sama dengan petani. Saat ini Bulog telah menggandeng berbagai mitra petani sehingga mereka tidak lagi kesulitan ketika ingin menyalurkan hasil pertanian khususnya beras ke gudang Bulog.

“Untuk itu ada satuan tugas (satgas) yang menangani sehingga siapapun bisa menyalurkannya ke gudang Bulog,” katanya. (ant/mnk)

Sumber : http://www.bisnis-kti.com/index.php/2012/09/dahlan-iskan-mensejahterakan-petani-beli-beras-dengan-harga-tinggi/

2 komentar:

gadisjujur mengatakan...

Betul pak, kami petani tidak butuh belas kasihan, kami juga tidak mau disuapin. Kami hanya butuh harga diri. penghargaan terhadap jerih payah kami sebagai petani. kami hanya dijadikan sapi perah bagi para tengkulak. harga pupuk dan obat-obat pertanian yang melambung membuat kami semakin tercekik . kedaulatan pangan hanya dijadikan komoditas politik belaka. subsidi pemerintah bagi petani kurang tepat sasaran. mungkin lebih baik menggali sumberdaya petani untuk kearifan lokal, diversifikasi pertanian mungkin lebih maksimal

PAK JUNAIDI mengatakan...

SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA