........Selamat Hari Jadi Kab. Nunukan ke 13 tgl 12 Oktober 2012.......

Selasa, 30 Desember 2008

Investor Korea Akan Bangun Pabrik Bioetanol di Makassar

Investor Korea Akan Bangun Pabrik Bioetanol di Makassar
 

Kapanlagi.com - Energie Envaiment Engineering (EN3) dari Korea Selatan, awal tahun 2007 akan mulai membangun pabrik Bioetanol di enam kabupaten di Sulawesi Selatan dengan investasi triliunan rupiah. 

Presdir EN3, Park Chang Ho usai melaporkan rencana investasi itu kepada Wagub Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Rabu, mengatakan, investasi yang memanfaatkan fasilitas PMA ini dibangun di Kabupaten Enrekang, Barru, Pinrang, Sidrap dan Parepare, setelah nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah provinsi dan kabupaten ditandatangani belum lama ini. 

Chang Ho belum merinci berapa besar kapasitas pabrik dan nilai investasi yang akan ditanamkan, namun mengatakan, investasinya bernilai triliunan rupiah. 

Produk pabrik bioetanol ini memiliki multi fungsi untuk kepentingan industri bidang kesehatan yang bermanfaat tidak hanya pada manusia melainkan juga pada sektor pertanian, perkebunan dan sektor-sektor lainnya. 

Karena itu, dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat diperlukan supaya keberadaan pabrik tersebut sejalan dengan keinginan pengelola dalam memenuhi permintaan konsumen yang cukup banyak. 

"Kami segera akan mewujudkan pembangunan fisik pabrik tersebut sebagai bukti keseriusan perusahaan mengembangkan usaha yang pertama kali di luar Jawa ini," katanya. 

Wakil Gubernur Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pemerintah akan mengawal perusahaan tersebut demi untuk kepentingan masyarakat banyak, tidak hanya rakyat Sulsel tetapi juga provinsi tetangga seperti Sulawesi Barat dan Sultra dan Sulteng. 

"Pemprov Sulsel menyambut baik pembangunan pabrik bioetanol ini dan berharap realisasi fisiknya segera dilaksanakan," ungkapnya seraya menyatakan, Sulawesi Selatan cukup kondusif untuk berinvestasi di semua sektor.  

(Berita ini sudah lama, yaitu 13 September 2006, namun mudahan dapat menjadi referensi untuk evaluasi bersama.)

Tidak ada komentar: